1653 Calhaj Sidoarjo Diberangkatkan


Sekitar 1653 jamaah calon haji asal Sidoarjo diberangkatkan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah dari pendopo kabupaten. Tahun ini, jamaah calon haji terbagi menjadi empat kloter yakni 17, 18, 19, dan 20.


Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo Achmad Rofii pada Jumat (28/8) siang mengungkapkan, calon jamaah haji pada kloter 17 ini terdapat 455 orang. Separuhnya atau 50 persen dari kloter 17 mempunyai resiko tinggi dalam hal kesehatan.



"Kloter 17 ini banyak calon jamaah haji yang menderita penyakit dalam kategori serius dan butuh pengawasan seperti penyakit dalam, penyakit bawah yang membutuhkan pemeriksaan intensif tim dokter, parkinson, dan patah kaki," ungkapnya.

Disinggung terkait mereka yang sakit tapi tetap berangkat ke tanah suci, Achmad Rofii mengatakan bahwa calon jamaah haji yang menderita parkinson tersebut diakui sudah mendaftar sejak tahun 2009 dan baru bisa berangkat tahun 2015 ini.



“Kemenag tidak bisa mengambil sikap dalam hal ini, karena calon tersebut pada saat mendaftar sudah menderita sakit. Dia juga mempunyai keyakinan besar bahwa setelah menunaikan ibadah haji penyakitnya akan sembuh. Maka dari itu kami tidak bisa memaksanya untuk membatalkan pemberangkatannya," papar Achmad Rofii.



Dikatakan Achmad Rofii, calon jamaah haji asal Sidoarjo pada tahun 2015 sebenarnya tercatat 1655 calon Jamaah. Namun dua orang meninggal sebelum pemberangkatan lantaran sakit. (Moh Kholidun/Abdullah Alawi)


Sumber : nu.or.id

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Roedy Lintas Magetan pada 08:41. dan Dikategorikan pada , , , , , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 comments untuk 1653 Calhaj Sidoarjo Diberangkatkan

Tinggalkan Komentar

2015 NU Magetan. All Rights Reserved. - Designed by NU Magetan