Megengan Agung ala NU Magetan Sambut Ramadhan

LTNNU Magetan | Kampung NU Kledoan Bendo 15.00
numagetanonline, Warga Desa Kledokan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan punya cara sendiri dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Dengan kompak umat muslim satu desa ini menggelar pawai dalam tradisi yang disebut megengan agung, pada Minggu sore (05/05/19)

Kalangan anak-anak berhias sebagus mungkin sementara kaum ibu membawa bekal makanan yang orang jawa menyebutnya dengan istilah ambeng bekal yang berisi aneka macam makanan ini diarak kurang lebih 300 meter menuju kantor desa setempat.

Dalam masyarakat jawa tradisi menyambut bulan suci ramadhan ini biasa dikenal dengan istilah megengan yang berarti mengagungkan tradisi megengan dengan slametan itu biasa digelar dengan mengundang tetangga dekat
Akan tetapi di Desa Kledokan Bendo dengan inisiasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama  Magetan, dan MWC NU Bendo.  dikemas dengan megengan agung. Warga satu desa bersama-sama membawa bekal untuk kemudian dimakan bersama atau slametan.

Ketua PCNU Magetan KH Manshur mengatakan acara megengan agung sebagai upaya membangkitkan keagamaan masyarakat dan semangat kebangsaan yang merupakan ideologi NU “ini tidak dimiliki Negara-negara lain, sehingga kita harus menjaga khazanah ini,” kata KH Manshur di sela-sela pelaksanaan megengan agung. 

Selain menjaga tradisi yang bagus di kalangan umat muslim acara megengan agung yang digelar rutin tiap tahun ini akan menjadi wisata religi yang mengumandangkan nilai-nilai islam di nusantara. (LTNNU Magetan)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh NU MAGETAN pada 06:00. dan Dikategorikan pada , , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 comments untuk Megengan Agung ala NU Magetan Sambut Ramadhan

Tinggalkan Komentar

2015 NU Magetan. All Rights Reserved. - Designed by NU Magetan