Peringati Hari Santri Nasional 2019, PCNU Magetan Menggelar Ngaji Islam Nusantara

Ngaji Islam Nusantara | Maarif Mojopurno - 09.00 WIB

numagetan. or.id - Salah satu dari rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh PCNU Magetan, yakni Ngaji Islam Nusantara. Acara digelar usai pelaksanaan Upacara Hari Santri, di Aula Komplek Lembaga Pendidikan Ma’arif Mojopurno Ngariboyo Magetan, Senin (22/10/2019)

Ngaji Islam Nusantara diikuti oleh para peserta Upacara, yang terdiri dari Santriwan Santriwati, Kyai, Jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Magetan, MWC, Banom, Lembaga, dan masyarakat umum.

Acara juga dihadiri oleh Bupati Magetan, Suprawoto dan segenap pemerintah kabupaten Magetan, TNI, Polri.

Ngaji Islam Nusantara ini mendatangkan pemateri ahli dibidang kajian Islam Nusantara yakni Kyai Ahmad Baso dari PBNU, Dr. Aksin Wijaya dari IAIN Ponorogo dan Dr. Rubaidi dari PWNU Jawa Timur.

Model kajian ini merupakan kali pertama diadakan oleh PCNU Magetan dalam rangkaian Peringatan Hari Santri. Hal ini dilakukan demi mengisi wilayah akademis dan pemahaman Santri khususnya di wilayah Magetan dalam pemahaman mengenai Islam NUsantara dan bagaimana membawa diri sebagai Santri didalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Hal ini seperti dijelaskan Nur Salam Al Ayyubi selaku Koordinator pelaksana.
" Seperti tema Hari Santri Nasional tahun ini Santri Unggul, Indonesia makmur; acara Ngaji Islam NUsantara berusaha memfasilitasi pengetahuan para santri khususnya dan semua pengurus maupun jam'iyyah NU yang hadir tentang bagaimana Islam NUsantara dan berIslam NUsantara saat ini. Pemahaman ini diperlukan untuk membekali mereka membawa diri dimasyarakat dan berkontribusi pada kemajuan bangsa", jelasnya.

Bertindak sebagai pemberi kesimpulan pada ngaji pagi ini Ketua PCNU Magetan, KH Mansur Abdullah menggambarkan Islam NUsantara sebagai manifestasi beragama dalam budaya kita di Indonesia.

"Islam itu sebagai esensi. Roh. NUsantara sebagai budaya kita. Wadahnya. Jadi bagaimana kita sebagai orang Islam hidup didalam budaya Indonesia", terangnya.

Acara berjalan dengan khidmat. Para peserta mengikuti setiap sesi dengan penuh semangat dan antusias hingga acara usai.

Setelah acara Ngaji Islam NUsantara usai, gelaran Peringatan Hari Santri Nasional PCNU Magetan ditutup dengan Slametan NUsantara ala Santri. (dew)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh NU MAGETAN pada 16:13. dan Dikategorikan pada , , , , , , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 comments untuk Peringati Hari Santri Nasional 2019, PCNU Magetan Menggelar Ngaji Islam Nusantara

Tinggalkan Komentar

2015 NU Magetan. All Rights Reserved. - Designed by NU Magetan